Musik Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

Musik menjadi salah satu stimulan yang dapat mempercepat perkembangan otak anak.

Pakar Neurosains terapan, Dr. Anne Gracia menjelaskan, anak yang sejak dalam kandungan terbiasa mendengarkan musik, biasanya memiliki kecerdasan yang lebih berkembang dibandingkan anak yang jarang mendengarkan musik.

"Musik merangsang otak hingga area terdalam dan belahan-belahan otak. Dengan demikian, semua otak akan terstimulasi sehingga kecerdasan otak kanan dan otak kiri seimbang," jelasnya seperti dikutip dari metrotvnews.

Untuk mendapat manfaat tersebut, disarankan memperkenalkan musik sejak anak masih di dalam kandungan. Adapun musik yang baik diperdengarkan adalah musik klasik, atau musik dengan melodi teratur.

Selain mendengar musik, stimulasi sistem auditori sederhana dan mudah dilakukan untuk merangsang otak adalah aktivitas menyikat gigi.

Menyikat gigi merupakan bentuk aktivitas oral motorik yang mampu menstimulasi kemampuan anak dalam mengembangkan stimulus suara yang masuk ke telinga.

Bukaan mulut dan gerak rahang ke kiri dan ke kanan saat menyikat gigi, dapat mematangkan kemampuan artikulasi.

"Sinergi yang baik antara gerak sendi rahang saat menyikat gigi dan mendengar musik, dapat membantu kesiapan komunikasi pada anak," ucap Anne.

0 Response to "Musik Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak"

Post a Comment