Cara Belanja Online yang Aman

Belanja Online tidaklah sama dengan belanja secara konvensional. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum seseorang belanja online. Sebab, di dunia maya, sering terjadi penipuan yang mengatas namakan toko online. Sehingga jika tidak teliti saat belanja online, bisa jadi kita malah jadi korban penipuan yang mengatas namakan toko online tertentu.

Untuk mengetahui bagaimana cara belanja online yang aman, berikut kami berikan tipsnya, sehingga Anda bisa terhindar dari penipuan, berikut tips berbelanja secara online, yaitu:

Sebaiknya Gunakan Komputer Pribadi
Gunakan komputer pribadi, jangan memakai komputer umum seperti komputer warnet atau komputer perpustakaan. Sebab diliat dari keamanan, komputer yang biasa dipakai secara umum, sangat mungkin sekali sudah terinveksi virus sehingga ada kemungkinan akun kita bisa di hack oleh pembuat virus tersebut.

Cek Situs Resmi
Memang tidak semua toko online memiliki situs resmi, namun alangkah lebih baiknya jika Anda bisa belanja online pada situs resminya. Situs resmi bisa jadi indikasi akan keseriusan toko online tersebut untuk berjualan di dunia maya.

Pada beberapa contoh kasus tentang toko online gratisan yang ada di Facebook, biasanya mereka melakukan promosi dengan cara tagging foto kepada beberapa teman yang mereka miliki. Sebenarnya ini tidak masalah jika anda memang membutuhkan produk-produk yang mereka tawarkan, dan mereka terbukti bukan penipu. Namun ini dapat menjadi masalah ketika anda di tag berkali-kali dalam sehari, bisa-bisa wall anda seperti pasar.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda selidiki apakah mereka memiliki situs sendiri dan lebih baik lagi jika anda berbelanja pada toko online yang memiliki situs dengan hosting sendiri, bukan situs gratisan. Karena dengan begitu menandakan bahwa mereka memang serius melakukan bisnis dengan membeli nama domain dan menyewa hosting sendiri.

Harga yang Pantas
Jangan tergiur dengan harga super murah yang tidak masuk akal dan jangan langsung berbelanja dalam jumlah besar, coba dulu belanja produk yang murah. Pada beberapa kasus penipuan belanja online, korban biasanya tergiur dengan harga yang murah. Oleh sebab itu pastikan harga yang ditawarkan oleh toko online tersebut adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal.

Cek Personalitas
Bila Anda transaksi online secara individual atau perorangan, maka yang perlu diperhatikan adalah kredibilitasnya. Minimal Anda sudah mengenal dengan siapa Anda bertransaksi, entah itu lewat aktivitas bloggingnya atau web-webnya yang membuatnya bisa dipercaya.

Pada awalnya semua seller memang terlihat baik-baik saja, tapi tidak ada salahnya menyempatkan diri memeriksa hal-hal lainnya, karena orang bisa berubah, dulunya baik, sekarang siapa yang tahu. Dan biasanya juga masalah-masalah timbul belakangan.

Cek Testimonial
Testimonial adalah kesaksian dari para pembeli yang sudah pernah membeli dari toko onlie tersebut. Maka lihatlah page testimonial dari penjual (jika ada), telitilah siapa saja yang pernah bertransaksi dan memberikan kesaksian, akan lebih baik jika penjual memiliki testimonial yang banyak.

Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran yang paling mudah adalah dengan cara transfer antar bank. Anda tidak perlu repot-repot harus keluar rumah jika pada hand phone Anda bisa melakukan m-banking atau internet banking.

Jika Anda ingin transaksi secara langsung (COD) periksa secara mendetil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada). Jika tidak memungkinkan untuk COD atau transaksi secara langsung, dapat meminta tolong teman yang satu kota dengan penjual.

Asuransikan Barang Anda
Jika Anda berbelanja dalam jumlah yang besar mintalah toko online untuk mengasuransikan pengiriman via Tiki atau JNE, biasanya ada biaya tambahan untuk asuransinya. Dan pastikan Anda mendapatkan no resi yang diberikan dari Tiki atau JNE atau lainnya yang bisa Anda dapatkan dari toko online yang Anda beli.

Demikian beberapa tips bagaimana cara belanja online yang aman. Semoga dengan membaca artikel di atas, Anda bisa lebih berhati-hati dan terhindar dari penipuan yang sering terjadi di dunia maya.

0 Response to "Cara Belanja Online yang Aman"

Post a Comment