Konsep Dalam Futurologi

Konsep adalah prinsip-prinsip yang dipakai oleh futurologi untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Konsep ini akan mendasari prediksi futurologi untuk melihat dan memperkirakan hal-hal yang mungkin terjadi nanti dengan landasan ilmiah.

1. Konsep masa.
Konsep ini mengatakan bahwa keberadaan kita hari ini adalah hasil dari prinsip-prinsip yang kita miliki di masa lalu, dan apa yang terjadi dengan kita dimasa depan akan ditentukan oleh prinsip-prinsip kita hari ini.
Artinya apapun yang menjadi prinsip kita dalam hidup seperti prinsip santai tapi berhasil akan mempengaruhi keberadaan kita berikutnya, jika seseorang berprinsip malas maka dia akan gagal.

2. Konsep 5 alam.
Manusia akan melewati proses perjalanan di 5 alam ini sampai masanya. Alam pertama adalah alam ruh yang pernah dihuni setiap manusia sebelum ditiupkan ke rahim ibu dan hidup selama kurang lebih 9 bulan ditiupkan oleh tuhan. Setelah itu seseorang akan lahir kedunia dan hidup sekitar 60 tahun setelah itu alam ke 4 adalah alam kubur atau penantian kiamat dan berlangsung jutaan tahun dan terakhir dia akan hidup di alam pengadilan dan hasilnya sorga dan neraka dan proses itu berlangsung jutaan tahun. Sebagai kuncinya adalah alam dunia sebagai penentu nasib di alam berikutnya.

3. Konsep grafik tren positif.
Konsep keberhasilan manusia yang diukur dengan grafik tren positif, adalah gambaran prestasi yang selalu lebih baik dari pada sebelumnya, seharusnya manusia mengikuti tren seperti ini jika ingin berhasil tidak mengikuti grafik yang naik turun.

4. Konsep Trade Off.
Dalam kehidupan berlaku hukum trade off atau jual beli, hukum ini berlaku dalam aktivitas kehidupan manusia. Kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan dengan pengorbanan tertentu atau kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan dengan sejumlah pengorbanan yang sebanding. Contohnya jika kita ingin berhasil maka modalnya adalah kerja keras dan belajar dengan pengorbanan waktu,biaya dan tenaga. tidak ada yang gratis tetapi semua ada jual beli termasuk jika kita inginkan menjadi orang bijak atau masuk sorga, hal itu harus dibeli dengan pengorbanan menjalankan perintah tuhan dengan sungguh-sungguh.

5. Konsep Instan.
Artinya di alam ini tidak berlaku konsep instan, semua memakai proses panjang dan waktu tertentu untuk bisa jadi. Pohon memerlukan waktu panjang untuk tumbuh menjadi besar demikian juga dengan manusia untuk berhasil memerlukan waktu panjang dengan pengorbanan. Sesuatu yang instan biasanya tidak sebagus atau sekualitas yang prosesnya panjang.

Futurologi memakai semua konsep diatas dan beberapa konsep yang dipakai oleh pengembangan diri untuk memprediksi keberadaan individu, masyarakat dan bangsa kita serta masyarakat dunia dan alam sendiri di masa depan termasuk bidang pendidikan,teknologi, spiritual dan politik serta yang lain termasuk pertahanan. Sekarang bisa terjawab mengapa bangsa indonesia seperti sekarang ini dan apa yang akan terjadi di kelak kemudian hari jika bangsa ini sudah menjadi pemalas.

Sumber : futurologi1.blogspot.com