Mengenal Istilah Futurologi

Istilah futurologi memang belum populer ditelinga kita karena disiplin ilmu ini baru dikembangkan,  banyak bersifat seni, tetapi hari ini telah dikembangkan secara ilmiah yang bisa diteliti memakai parameter ilmiah tertentu.


Futurologi banyak didefinisikan dengan pengertian sesuai dengan asal katanya yaitu Future dalam bahasa inggris yang artinya masa depan dan logos dalam bahasa Yunani yang berarti ilmu pengetahuan. Berarti Futurologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masa depan secara ilmiah. Pengertian lain adalah ilmu yang mempelajari apa yang akan terjadi dimasa datang dengan memakai prinsip-prinsip hukum alam.

Tujuan futurologi dipelajari adalah agar kita mengetahui kemungkinan apa yang akan terjadi dimasa depan dan mempersiapkan jauh-jauh untuk menghadapinya. Berbeda dengan ilmu mistis dan perdukunan yang memakai dasar spiritual atau mistis futurologi mendasarkan prediksinya kepada fakta dan data akuran yang diperolehnya.

Ahli futurologi disebut futurolog atau futurist dan memprediksi berdasarkan ilmu pengetahuan dan data empiris yang ada. Kebenaran dari hasil prediksinya tidak bisa 100% benar tetapi mendekati kebenaran dan sebagian lagi menjadi tepat dan benar.

Jadi, ketika seseorang dapat memprediksi apa yang terjadi di masa yang akan datang yang didasarkan pada apa yang dilakukan/terjadi di mas sekarang, belum tentu orang tersebut bisa dikatakan meramal. Karena meramal dan memprediksi itu berbeda, sama bedanya antara futurolog dengan tukang ramal. Futurolog berdasarkan data, sedangkan peramal berdasarkan mistis.

Sumber : futurologi1.blogspot.com