Ditemukan Hutan Kuno Berumur 10.000 Tahun di Dasar Laut

Seorang penyelam yang sedang menjelajahi dasarlautan terkejut menemukan hutan pra-sejarah, yang diperkirakan berumur 10.000 tahun di bawah Laut Utara. Dan para ahli percaya, jika hutan tersebut bisa membentang sejauh Eropa.


Diver Dawn Watson, menemukan hal luar biasa ini, yang disebutnya 'hutan yang hilang' ketika dia menyelam hanya sedalam 300 meter di lepas pantai Cley, Norfolk. Dia menemukan pohon ek, lengkap dengan cabangnya yang berukuran delapan meter di bawah laut.

Ahli percaya bahwa, hutan ini telah 'disembunyikan' di lepas pantai Norfolk sejak Zaman Es. Hutan yang sangat luas ini diyakini terungkap, setelah badai musim dingin menerjang daerah ini musim dingin tahun lalu.

Watson yang sedang menjalankan proyek survei Marine Conservation Society, Seasearch di East Anglia dengan pasangannya Rob Spray, mengatakan dia 'benar-benar senang' dengan penemuannya tersebut.

"Saya tidak bisa percaya apa yang saya lihat pada awalnya. Laut itu cukup kasar dengan pantai, jadi saya memutuskan untuk menyelam sedikit lebih jauh dan setelah berenang lebih dari 300 meter, saya menemukan punggungan panjang menghitam," ucap Watson.

Awalnya ia tidak menyadari, jika gundukan tersebut adalah kayu.

"Ketika saya melihat lebih dekat aku menyadari itu kayu dan ketika saya berenang lebih jauh saya mulai menemukan seluruh batang pohon dengan cabang-cabang di atas, yang tampak seperti ditebang," tambahnya.

Watson sendiri telah menyelam di Laut Utara selama sekitar 16 tahun, dan ia mengatakan pohon-pohon ini diperkirakan telah membentuk bagian dari hutan yang sangat besar, yang mempunyai luas ribuan hektar.

Namun diyakini, hutan ini tenggelam ketika es mencair dan permukaan laut naik 120 meter.

Pohon-pohon tumbang sekarang tergeletak di tanah, di mana mereka telah membentuk karang alami, yang bekerja sama dengan ikan warna-warni, tanaman dan satwa liar.

Pasangan penyelam ini sekarang berharap bahwa tes karbon yang akan dilakukan pada pohon-pohon ini, bisa menentukan persisnya berapa lama hutan telah ada.

Tahun lalu, hutan kuno sepanjang pantai Welsh terkuak setelah badai menghanyutkan lahan gambut dan batang pohon di pantai dekat desa Borth, Ceredigion di Mid Wales. (Mail Online)

0 Response to "Ditemukan Hutan Kuno Berumur 10.000 Tahun di Dasar Laut"

Post a Comment