Aturan Menginap untuk Si Kecil

Orangtua boleh memberikan izin kepada anak usia sekolah untuk menginap di rumah teman atau diinapi. Baik saat menginap maupun diinapi, anak harus membuat kesepakatan dengan teman juga orangtuanya, misalnya berapa banyak teman yang akan menginap, akan datang jam berapa, apa saja yang harus dibawa, nanti akan beraktivitas apa saja, tidur jam berapa, boleh menyetel musik atau tidak, boleh menonton DVD atau tidak dan sebagainya.


Menginap di rumah teman

Dos:
  1. Bersikap sopan dan ramah. Kalau ditanya anggota keluarga temannya harus menjawab jangan cuek atau asyik sendiri dengan temannya.
  2. Kalau diajak melakukan aktivitas bersama harus mau dan kooperatif, jangan cemberut atau bete, yang membuat suasana tidak menyenangkan.
  3. Bawa sendiri semua keperluan pribadi, seperti baju ganti, baju tidur, sabun, sampo, sisir, camilan kesukaan, buku cerita, dan sebagainya.
  4. Minta izin sebelum melakukan sesuatu, misalnya apakah boleh menyetel DVD atau CD musik kesukaan, kalau tidak diizinkan jangan dilakukan.
  5. Membereskan mainan yang telah selesai digunakan. Taruh piring atau gelas yang telah selesai digunakan di tempat cuci piring. Selesai mandi masukkan baju kotor ke dalam kantong plastik untuk dibawa pulang, jangan ditinggalkan begitu saja di kamar mandi atau kamar tidur.

Dont's:
  1. Merepotkan tuan rumah dengan meminta ini itu yang tidak tersedia. Umpama ingin makan pizza padahal tidak disediakan pizza.
  2. Bangun kesiangan atau tidur larut malam. Ikuti jadwal tidur dan bangun yang berlaku di rumah teman.
  3. Membuat berantakan kamar atau ruangan, masuk ke kamar atau ruangan tanpa seizin pemilik rumah. Ingatkan anak sebaiknya tidak bermain di kamar tidur orangtua. Kalau temannya yang mengajak, ajarkan padanya untuk meminta si teman bermain di ruang keluarga. Bukan tak mungkin di kamar orangtua banyak barang berharga yang kalau sampai rusak atau hilang malah membuat hubungan jadi tidak enak.
  4. Membuat kegaduhan, semisal masih bercanda padahal sudah waktunya tidur malam atau berteriak waktu bermain sehingga menganggu tuan rumah.
Mengundang teman menginap di rumah.
 
Dos:
  1. Bersikap ramah dan membuat tamu merasa nyaman.
  2. Toleransi dengan kebutuhan temannya. Bila si teman ingin tidur dengan lampu menyala terang, padahal sehari-hari anak tidur dengan lampu redup, ajarkan padanya untuk "mengalah" sebagai bentuk penghormatan pada tamu.
  3. Persilahkan teman untuk melakukan atau memakai sesuatu terlebih dahulu, misalnya memakai mainannya, memilih kue yang disediakan, dan sebagainya.
  4. Tunjukkan tempat-tempat yang dibutuhkan teman, seperti letak kamar mandi, tempat menyimpan gelas, saklar lampu dan sebagainya.
Dont's:
  1. Terlalu mengatur atau melarang teman melakukan sesuatu. Mau melihat ini tidak boleh, mau meminjam sesuatu tidak boleh. Yang seperti ini akan membuat tamu merasa tidak betah. Kalau yang diinginkan temannya memang tidak sesuai, ajari anak untuk menjelaskannya secara baik-baik.
  2. Marah karena temannya menginap melakukan kesalahan atau sesuatu yang membuat kesal. Ajari anak menahan diri selama temannya menginap, tidak perlu marah-marah karena akan membuat temannya merasa takut atau tidak diterima.
Sumber : Tabloid Nakita