Pluralisme

Siapakah yang akan masuk surga? dengan istilah lain, siapakah yang akan selamat?. pertanyaan itu yang selama ini dicoba dijawab oleh orang orang yang beragama, baik agama samawi, maupun agama-agama yang lahir kemudian.
Ada tiga kelompok yang menjawab pertanyaan ini dan ketiga kelompok itu ada pada setiap agama, yaitu:

1. Eksklusif
Kelompok ini mengatakan bahwa, hanya agamanyalah yang akan masuk surga. jadi misalnya, hanya Islamlah yang akan masuk surga, atau hanya Kristenlah yang akan masuk surga. namun pada akhirnya mereka lebih eksklusif, misalkan, hanya islam sunni sajalah yang akan masuk surga, syi'ah enggak. sunni pun gak masuk surga semua, hanya yang bermadzhab hanafi saja yang akan masuk surga, terus dan terus diperkecil hingga akhirnya hanya sedikit orang saja yang akan masuk surga.
 
Kelompok ini, kalau boleh saya sebut, kelompok yang bakhil (kopet, pelit) yang menganggap bahwa hanya merekalah yang akan masuk surga. seolah-olah surga hanya diperuntukan buat mereka.
 
2. Inklusif
Kelompok ini lebih terbuka, mereka menganggap bahwa orang yang diluar agama mereka juga bisa masuk surga, syaratnya orang itu harus berakhlak seperti agama mereka. misalkan, orang kristen bisa masuk surga asal orang kristen itu berakhlak seperti orang islam, atau sebaliknya.
 
3. Pluralis
Kelompok ini (kelompok yang saya dukung) merupakan lanjutan dari kelompok yang kedua. kelompok ini menganggap bahwa setiap agama mengajak kepada kebenaran, karena itu setiap orang yang beragama, bisa masuk surga, baik kristen, islam, hindu, buddha, yahudi dan agama2 lainnya.
 
Di dalam islam, dalil kelompok ini ada dalam surat al-maidah ayat 48, dan masih banyak ayat lain yang serupa.

0 Response to "Pluralisme"

Post a Comment