Mengupil


Saya yakin, mengupil itu bukan sesuatu hal yang berdosa, bahkan mungkin disetiap agama, tidak ada yang membahas secara detail tentang apakah mengupil itu haram, halal, apakah mengupil itu berdosa atau tidak.
Bagi saya, mengupil termasuk pekerjaan yang biasa-biasa saja, tidak ada hal yang hebat ketika saya mengupil, toh semua orang juga bisa mengupil. Tetapi kadang mengupil bisa jadi menyenangkan jika memang di dalam hidung kita banyak kotorannya, sehingga mengupil merupakan alternatif bagus untuk membersihkan kotoran-kotoran itu. Bisa jadi mengupil dengan gaya seperti ini mirip seperti mengorek kupingnya Si Kabayan. Si Kabayan sering ketika diam menunggu kerbau dan sawahnya, dia mengorek-ngorek kupingnya dengan mata terpejam-pejam seperti mendapatkan kenikmatan yang tiada tara.

Kalau saya bertanya, apakah anda pernah mengupil? saya yakin semua orang akan menjawab pernah, tetapi, jika saya bertanya lagi, apakah gara-gara mengupil anda bisa menjadi terkenal? Saya yakin jawabannya tidak dan taukah anda, di Indonesia hanya ada satu orang yang bisa menjadi lebih terkenal hanya gara-gara mengupil. Dia adalah ROy Suryo. Gara-gara mengupil di sidang paripurna, dia menjadi lebih terkenal dari sekarang. Saya sendiri jadi bingung, mengapa gara-gara mengupil dia menjadi lebih terkenal?

Mungkin karena pada waktu dan tempat yang salah mengupilnya Roy Suryo menjadi hal yang dilarang bahkan mungkin berdosa. Sehingga, ketika dia mengupil di sidang paripurna, semua kamera menyorot padanya, dan mungkin karena mengupilnya pada sidang paripurna jadi mengupilnya dianggap menghina atau melecehkan sidang tersebut.

Ya seperti itulah mengupil, bisa jadi dianggap menghina jika dilakukan ditempat dan waktu yang salah. Bahkan mengupil bisa membuat kita terbunuh jika dilakukan di tengah jalan tol atau bila dilakukan dalam kandang harimau.

Semoga saja saya tidak dianggap menghina anda hanya karena saat menulis ini saya sambil mengupil dan yang pasti anda juga tidak dianggap menghina saya jika ketika membaca tulisan ini sambil mengupil bahkan jika upilnya anda tempelkan pada monitor. Saya berharap semoga saja suatu saat saya bisa jadi terkenal gara-gara saya mengupil sambil mengetik.