Permainan Yang Mulai (Sudah) Hilang


Liat gambar ini di sebuah situs, mengingatkan gw akan sebuah permainan yang sangat menyenangkan. Dulu, gw termasuk orang yang mahir atau bahkan bisa dibiling jagoanlah dalam main kelereng. Saking jagonya, kadang temen-temen gw yang lain, gak pernah ngajakin gw maen kelereng, karena gw selalu menang, cieeeeeeeeeeeeeehhh.

Tapi, ternyata gw baru tersadar bahwa permainan ini sudah hilang dari kehidupan anak-anak jaman sekarang. Dan lebih kaget lagi, ternyata bukan hanya permainan kelereng saja yang sudah mulai punah. Ada permainan-permainan lain yang turut punah juga. Seperti permainan loncat tinggi, maen karet, sondah, sorodot gaplok (bahasa indonesianya apa ya? hehe), dll. Yah permainan-permainan itu sudah hilang dari anak-anak kota. Sekarang yang tersisa hanyalah cerita-ceritanya saja.
Padahal, menurut gw permainan itu ada sisi positifnya loh, salah satunya adalah membuat anak-anak bisa berinteraksi langsung satu sama lain. Tak seperti permainan jaman sekarang, kebanyakan permainannya hanyalah nge Game di depan komputer aja, yang menurut gw, membuat anak-anak lebih individualis dan bahkan terasing dari lingkungannya.
 
Nah, daripada nanti anak, sepupu dan cucu anda termasuk orang yang individualis atau yang terasing dari lingkungannya, maka ajarkanlah permainan-permainan yang sudah mulai musnah ini. Selain itu, sebagai pelestarian budaya kita...... kalee.