When Languages Die?

Ada yang nonton VOA (Voice Of America) gak kemaren-kemaren. Menurut gw, materi yang di bahasnya keren tuh, jadi mereka membahas tentang "Language" atau bahasa. Jadi di Amerika atau daerah mana gitu aku lupa, ada peneliti yang kerjaannya meneliti bahasa. Peneliti itu pergi dari satu daerah ke daerah lain (bahkan dari satu negara ke negara lain) hanya untuk merekam dan mencari data tentang bahasa yang ada di daerah tersebut. Menurut dia (peneliti) jika salah satu bahasa hilang, maka ilmu pengetahuan juga hilang, karena ada banyak ilmu yang bisa didapat dari satu bahasa saja.


Misalkan, di daerah meksiko (kalo gak salah, hehehe lupa :D) ada bahasa tentang tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan obat, dan bahasa itu hanya diketahui oleh orang-orang yang tinggal di daerah itu saja. Nah, bayangkan jika bahasa tentang tumbuh-tumbuhan itu hilang, itu berarti ilmu pengetahuan juga hilang.Masih menurut peneliti itu, katanya setiap 10 hari, ada satu bahasa yang hilang (nah loh, gmn tuh?) karena itu, kita harus melestarikan bahasa yang kita miliki.
Saat ini, banyak sekali remaja bahkan orang tua yang sepertinya sudah tidak peduli lagi akan bahasa daerah, buktinya, tak jarang diantara para remaja, dalam pergaulan mereka menggunakan bahasa gaul bahkan tak jarang juga ada istilah atau kata-kata baru yang dulu tidak pernah ada. Bahasa gaulpun sebenarnya, baru muncul pada tahun-tahun terakhir ini saja, waktu gw masih skul, kagak pernah denger tuh bahasa gaul.
Hebatnya, atau mungkin mirisnya, saat ini, para remaja itu (yang sering menggunakan bahasa gaul) merasa malu untuk menggunakan bahasa daerah. Lebih hebat lagi (atau lebih miris lagi), tak jarang para orang tua pun ikut-ikutan latah, mereka seolah-olah tak mau atau bahkan malu untuk mengajarkan bahasa daerah kepada anaknya.
JIka hal ini dibiarkan, suatu saat nanti, bahasa daerah yang banyak terdapat di Negara kita, lambat laun akan menghilang, dengan begitu, hilang pula ilmu pengetahuan, dan sudah tentu akan hilang pula kebudayaan. Nah,untuk menghindari itu smua, maukah anda menggunakan bahasa daerah dengan baik dan benar?
Inget cuy, bersama kita bisa. Oh iya, satu lagi, jika ingin tau banyak tentang matinya suatu bahasa, mungkin anda bisa baca buku "when laguages die" karangan K.David Harisson, sampul bukunya tuh yang gambar di atas.
.